Bung Karno Dikenang Umat Muslim Rusia





[MOSKWA] Siapa orang Indonesia yang paling dikenang warga Rusia, terutama di Moskwa? Bung Karno. Ketika tahu ada rombongan orang Indonesia, beberapa warga Rusia selalu menyebut nama Presiden pertama RI Soekarno.


Jasa Bung Karno dalam mempererat hubungan RI-Rusia tak bisa dilupakan begitu saja. Jalinan yang dirangkai tidak hanya hubungan diplomatik, tapi juga hubungan antarwarga negara. Itulah yang membuat nama Bung Karno masih membekas di hati warga Rusia, khususnya Moskwa.

"Hai! Kamu orang Indonesia ya? Stadion ini dibangun bersamaan dengan stadion di Jakarta," ujar Nikola, seorang warga Moskwa, saat menyapa SP, Selasa (18/6).

Stadion yang dimaksud Nikola adalah Stadion Luzhniki. Sedangkan, stadion di Jakarta yang disebutnya adalah Stadion Bung Karno di Senayan, Jakarta.

Menurut seorang staf Kedutaan Besar RI di Moskwa, Stadion Luzhniki memang dibangun hampir bersamaan dengan pembangunan Gelora Bung Karno. Stadion Luzhniki, yang pernah digunakan untuk olimpiade pada tahun 1980-an, dibangun sekitar tahun 1955. Sedangkan, Stadion Bung Karno dibangun pada 1960. Konon, kabarnya, pembangunan dua stadion itu atas ide Bung Karno aga hubungan RI-Rusia semakin akrab.

Kenangan warga Rusia terhadap Bung Karno juga diceritakan oleh Wakil Ketua Dewan Mufti (semacam Majelis Ulama) Rusia Rushan Abbyasov. Menurut dia, umat muslim di negaranya sangat berterima kasih dengan sosok Soekarno.

Dia pun berkisah, Soekarno pernah mengunjungi sebuah masjid yang bersejarah di Rusia, padahal masjid tersebut ditutup oleh pemerintahaan komunis saat itu. Presiden Soekarno yang tahu ada masjid bersejarah yang ditutup pemerintah, langsung menyampaikan keinginannya berkunjung ke masjid itu.

"Saat diketahui bahwa Presiden Soekarno hendak berkunjung, masjid itu dibuka dan dibersihkan oleh pemerintah. Sejak kunjungan itu, masjid tersebut dibuka lagi dan tidak ditutup sampai sekarang Kami sangat berterima kasih kepada Presiden Soekarno dan bangsa Indonesia," ujar Rushan.

Untuk menghormati jasa Bung Karno itu, ujarnya, beberapa umat Muslim Rusia yang datang ke Indonesia berziarah ke makam Bung Karno. Selain mendoakan arwah Bung Karno, mereka juga mendoakan bangsa Indonesia agar semakin makmur dan besar. [O-1]
Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar